Latar Belakang George Simmel | kisah orang Ternama

Posted by coprals baewest Kamis, 02 Mei 2013 2 komentar
. Latar Belakang
. Riwayat Hidup

George simmel lahir tahun 1858, 01 maret di pusat kota berlin. Ayahnya seorang pedagang yahudi kaya, yang masuk agama Kristen, dan meninggal ketika georg masih sangat kecil, dan hubungan dengan ibunya agak jauh. 

Sesudah kematian ayahnya seorang teman keluarga itu diminta untuk menjaga georg, dan kekayaan berupa uang yang ditinggalkan oleh pengasuhnya itu memungkinkan dia kemudian untuk mempertahankan gaya hidup borjuis yang enak, meskipun selama karirnya dia tidak berhasil memperoleh uang.
Setelah lulus dari Gymnasiun, simmel belajar sejarah dan filsafat di universitas Berlin dengan beberapa tokoh akademis yang paling penting. Simmel menerima gelar doctor dari universitas berlin pada tahun 1881 dengan judul tensisnya (The Nature of Matter) dan mulai mengajar di sana pada tahun 1885, dia merupakan seorang guru bear yang cemerlang, peka, sangat dalam engetahuaannya mengenai pelbagi macam hal. Kuliahnya juga begitu berhasil sehingga tidak hanya mahasiswa saja yang menghadiri tetapi juga kaum elit intelektua di berlin.

Selama lima belas tahun simmel tetap menjadi Privatdozent. Pada tahun 1901, ketika dia berusia empat puluh tiga tahun, otoritas akademik akhirnya setuju untuk memberinya pangkat Ausserordentlicher Profesor, gelar kehormatan yang murni yang masih tidak memungkinkan dia untuk ambil bagian dalam urusan-urusan komunitas akademis dan gagal untuk menghilangkan stigma dari luar.

Mata kuliah yang berkisar dari logika dan sejarah filsafat etika, psikologi social, dan sosiologi. Ia memberi kuliah tentang kant, schopennhauer, dawrwin dan Nietzsche, di antara banyak lainnya. Sering selama satu tahun akademik ia akan survey tren baru dalam sosiologi maupun metafisika.

Dia adalah pengaran dari enam buku dan lebih daru tujuh puluh artikel, banyak yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Italic, Polandia, dan Rusia. Namun, setiap kali simmel mencoba untuk memperoleh akademis, ia di tolak. Setiap kali posisi senior menjadi kosong disalah satu universitas jrman, simmel bersaing untuk itu. Meskipun aplikasi yang didukung oleh rekomendasi dari ulama terkemuka, Max Weber antaralain, mereka tidak bertemu dengan sukses.

Juga perserikatan Simmel sebagai calon di bidang sosiologi tidak banyak membantu Tradisi kaum historisi jerman nampaknya menyangkal legitimasi sosiologi sebagaiilmu pengetahuan tersendir khususnya seperti yang nampak dalam sistem komprehensif Comte misalnya. Kaumhistorisi jerman yang menekankan bahwa setiap masyarakat memiliki etos budayanya tersendiri.

Bagaimanpun juga, latar belakang simmel yang kekotaan itu serta status akademisnya pasti memberikannya kepekaan akan hal-hal yang halus fan tidak kentara dalam proses social yang tercermin dalam tulisannya. Mungkin beberapa dari pandang ini tidak muncul kalau simmel berakar lebih kuat lagi dalam prespektif intelektualna dan jadinya kurang obyektif lagi.


2. Pengaruh Intelektual
  Pengaruh utama lainnya terhadap simmel adalah dari seorang ahli filsafat jerman yang terkenal bernama Immanuel Kant, Kant mengembangkan suatu perspekti filosofis yang didasarkan pada pembedaan antara persepsi manusia mengenai gejala dan hakikat dasar dari benda-benda seperti mereka berada dalam dirinya sendiri. Dia memperlihatkan bahwa kita tidak pernah dapat mengetahui benda seperti benda itu berada dalam dirinya sendiri tetapi hanya karena mereka muncul katagori-kategori kesadaran atau pikiran tertentu yang bersifat a priori.

 Pengaruh lain yang dapat dilihat dalam pendekatan Simmel adalah bentuk analisa hegel yang bersifat dialektik. Meskipun Simmel tidak mendasarkan secara eksplisit pada filafat sejarah hegel, dia menggunakan bentuk analisa dialektik pada suatu tingkatan yang berbeda dalam analisannya yang mendalam mengenai sejumlah paradoks dan kontradiksi ang terdapat dalam kehidupan social. Pada tahap akhir karirnya simmel menganalisa konflik dialektik antara bentuk-bentuk social yang sudah mapan yang tercermin dalam instusi-instusi yang ada dan pola-pola budaya serta proses hidup itu sendiri, yang secara terus-menerus harus menciptakan bentuk baru bagi pengungkapannya tersendiri. (lihat Coser, masters of sociological thought,hlm 191-193).

B. TEORI YANG DI HASILAKN

1. Tindakan Timbal Balik dan Ikatan Sosial
Bagaimanapun juga simmel adalah seorang pemikir yang cukup menonjol pada zamannya, yaitu zaman ketika sebuah gerakan yang sama antara revolusi individualsme modern terjalin seiring dengan semakin meningkatnya serbuan logikainstrumental. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika salah satu masalah sentral yang dibahasnya terkait dengan perbedaan social.

Konsep timbal balik melalui tindakan timbale balik secara sederhana ia memahami pengaruh yang diberikan seseorang kepada sesamanya. Tindakan ini dituntun oleh keselurhan motivasi yang beragam (insting erotis, kepentingan praktis, keyakinan religus, keharusan untuk bertahan hidup atau untuk menyerang, kesenangan bermain-main, pekerja dsd) dan tanpa pernah berhenti bergerak itulah totalitas seluruh tindakannya yang memberi kontribusi untuk mempersatukan totalitas individu menjadi satu masyarakat global.




2. Teoritis sosiologi yang luar biasa
 Bersama max weber pada zamannya mendirikan Masyarakat sosiologi jerman. Ialah terori sosiologi yang luar biasa (frisby, 1981: Levin, Carter, dan Gorman, 1976a,1976b). sangat dikenal karena karyanya tentang masalah-masalah berskala lebih kecil, terutama tindakan dan interaksi individual. Tentang bentuk-bentuk interaksi (misalnya konflik) dan tipe-tipe orang yang berinteraksi (misalnya orang asing).

3. Sebuah sosiologi Bentuk
 Bentuk-bentukyang merupakan skema prabangun, dan dengan skema inilah berbagai organisasi dibentuk (hierarki, persaingan, konflik, pengalaman, asosiasi, pembagian kerja, pertukaran, pemecatan, pewarisan, peniruan dsb) ini yang merupakan bentuk-bentuk yang tengah terbentuk

Bentuk bersifat permanent (keluarga, Negara,gereja, perusahaan, parpol dsb) ini yang disebut lembaga institusi

Bentuk yang berlangsung singkat berupa ritus-ritus harian (kebiasaan, makan bersama, berjalan-jalan bersama, sentuhan, sopan-santun).

 Dalam analisina bahkan bentuk social merupakan cara. Ekspresi individualisme masyarakat modern tanpa pernah berhenti mengkhianati perbedaan kels mungkin bias jadi lebih baik disbanding hal lain yang membentuk esensi dinamis kehidupan social.

 Pada akhirnya cara (mode) bias hidup dari paradoks yang menjadi bagian dari modernitas kita: karena cara merupakan sebuh bentuk yang kekal sementara raison d’etre adalah perubahanyang terjadi secara konstan. Tanpa terjadinya revolusi pemikiran dan selera yang permanent, cara sebenarnya bias saja hanya menjadi suatu bentuk social yang berumur pendek

4. Filsafat Uang
 Menurut simmel uang secara histories tidak hanya berfungsi untuk mengukur benda namun juga untuk mengukur manusia. Uang telah turut berpartisipasi dalam tragedi kebudayaan modern dimana nilai sesuatu benda selangkah lebih maju di depan nilai manusia.



KESIMPULAN

Simmel lahir di berlin, 1 Maret 1858. ia mempelajari berbagai cabang ilmu di universitas Berlin. Ia mempertahankan disertai dan menerima gelar doctor filsafat tahun 1881. hingga 1914 ia tetap di Universitas Berlin berstatus tenaga pengajar meskipun hanya menduduki jabatan yang relative tak penting sebagai dosen privat. Dari 1885-1900. dia kemudian menjadi dosen tak di gaji, yang kehidupannya tergantung pada honor dari mahasiswa. Setelah ayahnya meninggal ketika dia masih sangat kecil hubungan dengan sang ibu menjauh tapi dia berasal dari keluarga borjuis.

Banyak buka dan karangan yang telah dia hasilkan dia juga berteman dengan max weber pada zamannya,, ada pula beberapa teori yang telah dia kemukakan dia juga sebagi ahli filsafat dan tentang sosiologi..

Teori yang pernah dia kemukakan seperti:
• Tindakan timbale balik dan ikatan social
• Sebuah sosiologi bentuk
• Teoritis sosiologi yang luar biasa
• Filsafat uang

KRITIK DAN SARAN

• Karyanya mengenai berskala besar sangat kurang berpengaruh ketimbang karyanya tentang interaksi.
• Dalam bukunya “the metropolis and mental life”, hanya membahas mengenai sisi nebatif kehidupan kota , teori ini menuai banyak protes, namun setelah beberapa esai ini beredar berpengaruh pada pemikiran sosiolog-sosiolog lain di amerika, sehingga mereka meneliti dan menerjemahkan kembali dalam bahasa inggris.

• Dengan kata lain, Simmel tidak mengatakan secara jelas bahwa kota besar memiliki keseluruhan efek negatif pada pikiran atau diri bahkan ketika mengalami perubahan permanen, dalam bukunya ini mungkin menimbulkan makna ambigu yang member ikan buku ini tempat yang abadi dalam wacana metropolis.Hidupnya selalu dalam lingkungan borjuis sehingga dia selalu melihat setiap hal dari satu sisi saja.

Hasil karya simmel dan kumpulan naskah dari G. simmel yang terbit dalam bahasa prancis:
• Sociologie et Epistemologie ( sosiologi dan epistemology). Puf 1981
• Les Problemes de la philosophie de I’histoire (permasalahan dalam filsafat sejarah), puf,1984.
• Philosophie et societe (filsafat dan masyarakat), vrin, 1987.
• Philosophie de I’argent (filsafat uang), puf, 1988
• La Tragedie de la culture (tragedi kebudayaan), rivagas, 1988.
• Philosophie de I’amour (filosofi cinta), ravages, 1988
• Philosophie de la modernite (filosofi Modernitas), payot, 1989.
• Le conflit (konflik), circe,1992.
Beberapa presentasi tentang karyanya:
• G. simmel, ia sociologie et I’experience du monde modern (sosiologi dan pengalaman dunia modern), dibawah pengarahan P. Watier, Meridien Klincksieck, 1986.
• L.deroche-Gurcel, Simmel et la modernite (simmel dan modernitas), puf, 1997.
• F.leger, la pensee de G.simmel (pemikiran simmel), kime, 1987.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Latar Belakang George Simmel | kisah orang Ternama
Ditulis oleh coprals baewest
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://comunitiy.blogspot.com/2013/05/latar-belakang-george-simmel-kisah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Uyunk sidharta mengatakan...

INFO LENGKAP KESEHATAN KECANTIKAN KEPERKASAAN KEJANTANAN DAN KEWANITAAN :

boneka full body
obat pembesar penis
alat pembesar penis
obat perangsang wanita
pro extender
obat gemuk
minyak lintah
obat pelangsing badan
alat pembesar payudara
obat pembesar payudara
cream pembesar payudara
cream pemutih badan
cream pemutih wajah
obat pemutih badan
pemutih ketiak
obat penghilang jerawat
pemerah bibir
cream pelangsing badan
obat perapat vagina
peninggi badan
perontok bulu
penghilang stretch mark
penumbuh rambut
penghilang bekas luka
pembesar pantat
vimax oil
black mamba
celana vakoou
viagra
neosize
vimax asli
cobra oil
klg
pembesar penis
obat penghilang tatto
cara memperbesar payudara

Aking Beauty mengatakan...

INFO SELENGKAPNYA KESEHATAN KECANTIKAN KEPERKASAAN KEJANTANAN DAN KEWANITAAN :

✔ Alat Sex Toys
✔ boneka full body
✔ pembesar alat kelamin
✔ vakum pembesar penis
✔ obat perangsang wanita
✔ vmenplus asli
 obat penggemuk badan
✔ minyak lintah
✔ obat pelangsing badan
✔ alat pembesar payudara
bra pembesar payudara
✔ obat pembesar payudara
✔ cream pemontok payudara
✔ cream pemutih badan
✔ cream pemutih wajah
✔ obat pemutih badan
✔ obat penghilang tatto
✔ obat penyubur sperma
✔ pemerah bibir
✔ cream pelangsing badan
✔ obat perapat vagina
✔ peninggi badan
✔ perontok bulu
✔ penghilang stretch mark
✔ pembesar penis cepat
✔ penghilang bekas luka
✔ celana hernia

Poskan Komentar

Modified by Berita Terkini Original by Bamz | Copyright of world community . Optimisasi SEO kunjungi Tutorial SEO dan Blog.